Flickr Photostream

Monday 1 July 2013

Metro Style

Metro adalah nama kode internal untuk bahasa desain oleh Microsoft, pada awalnya desain ini digunakan pada Windows Phone, kemudian desain ini juga digunakan pada produk Microsoft lainnya, antara lain Microsoft Encarta 95, MSN 2.0, Windows Live, Windows Media Center, ZuneWindows PhoneXbox 360, dan yang terbaru Windows 8. Sebagian besar model Huruf yang digunakan di desain ini adalah font keluarga Segoe Microsoft.
Apabila dalam edisi lalu pernah kami turunkan satu topik terkait apa dan sejauh mana perubahan yang terjadi pada Windows 8 Consumer Preview dibandingkan sistem operasi milik Microsoft sebelumnya, kini giliran kami yang menjajalnya secara langsung melalui Windows 8 Release Preview.
Metro Style. Sesuai dengan apa yang diprediksikan dan dipromosikan oleh banyak pihak, bahwa untuk antar muka sistem operasi Windows 8 mengadopsi Metro Style, sebuah User Interface yang telah dikenal publik lebih dulu lewat perangkat ponsel pintar baik milik Nokia Lumia, HTC ataupun Samsung. Beberapa Menu utama yang disajikan dalam bentuk Tile -kotak- yang dapat dikustomisasi besarannya sesuai dengan selera pengguna.
Terdapat diantaranya fitur-fitur baku yang biasanya hadir dalam sebuah perangkat pintar meliputi Mail, Calendar, Contact, Messaging, Store hingga yang berkaitan dengan hobi seperti Music, Photo, Video, News, Lifestyle, Sports dan Finance. Adapun Fitur yang terdapat dalam tampilan Menu ‘Metro Style’ kali ini bakalan bertambah seiring instalasi aplikasi ataupun games yang dilakukan oleh pengguna. Apabila fitur yang tertampil ada yang dianggap kurang berkenan, dapat dihilangkan dengan cara melakukan ‘unpin’.
      Touch Screen. Fitur layar sentuh yang biasanya hadir di perangkat pintar baik ponsel ataupun tablet yang mengadopsi sistem operasi Windows, sangat kental terasa di sepanjang penggunaan. Begitu pula tampilan yang sederhana dan luas, memberikan ciri sentuhan oleh jari lebih didominankan meski pemanfaatan Mouse tetap dapat dilakukan. Untuk mengimbanginya, kami mencoba melakukan sapuan dengan perangkat mouse pada layar tampilan yang rupanya dapat direspon dengan baik.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More